Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

KRISIS GLOBAL?

>
oleh: Freddy Pieloor

Apakah krisis global ini mengenai diri Anda dan keluarga? Apakah Anda terkena PHK, karena Anda kurang kompeten atau karena Perusahaan Anda tutup & tidak beroperasi lagi? Bagaimana Anda men-siasati Krisis Global ini?

Dalam buku "BENAHI CARA HIDUP", diulas "SAFETY NET" yang dapat mempersiapkan Anda dalam menghadapi "Krisis Global" atau "Krisis Gombal" apapun. Saya akan sampaikan beberapa poin:

1. FSN (Financial Safety Net)
Anda sudah harus memiliki cadangan dana darurat sebanyak 12 X gaji, untuk membiayai kehidupan Anda bila Anda di pecat dan Anda sudah harus mencari/mendapatkan pekerjaan baru paling lama 12 bulan (1 tahun).

Bila Anda tidak punya FSN, siap-siap saja untuk menjual harta benda/peralatan Anda yang berharga dan bisa dijual. Atau Anda meminjam dari Kerabat atau sanak keluarga, atau anak2 Anda tidak makan dan tidak bisa bersekolah seperti biasa. Mulai sekarang Anda wajib memiliki FSN, dengan selalu menyisihkan 10% dari Gaji Anda, sampai dana ini terkumpul sebanyak 12 X gaji. Mau pake hape "BLE-BER" (maksudnya black-berry) tunda dulu, mau nongkrong di "STUCKBARS" jangan dulu. Ingat Anak2 Anda perlu sekolah dan makan, tauuuuu!!!

2. CSN (Competencies Safety Net)
a. Apakah Anda selama ini telah suskes sebagai UMANJI atau karyawan? Buktinya apa? Kapan kali terakhir Anda dipromosi? Sudah berapa lama Anda bekerja? Apakah keahlian Anda sulit tergantikan oleh orang lain?
b. Apakah Anda selama ini mencintai dan menyukai pekerjaan Anda? Buktinya apa? Hari Senin aja suka telat, dengan berbagai macam alasan, kadang madol/bolos dan tidak antusias di hari pertama ini. Anda membuat "penjara" kerja bagi diri Anda sendiri. Usia Anda sangat murah, hanya beberapa rupiah, yang Anda pertukarkan dengan gaji Anda.
c. Apakah kompetensi dan keahlian Anda selama ini meningkat sepanjang waktu pekerjaan Anda? Buktinya apa? Apakah Anda sudah menguasai semua pekerjaan Anda saat ini dengan sangat baik? Apakah Anda sudah meminta pekerjaan tambahan yang jauh lebih sulit dan kompleks dari pimpinan Anda? Untuk menambah kompetensi Anda?

Bila perusahaan mengadakan PHK, pasti karyawan seperti Anda, yang malas, goblok, pericuh, nyolong waktu makan siang melulu, suka ke mal pake waktu kantor, suka telat, suka ngegosip dan tdk produktif yang akan mendapatkan jatah atau "KLOTER" pertama.

Apakah Anda termasuk karyawan yang kompeten dan produktif, serta memiliki integritas yang tinggi?

Saya berharap Anda adalah karyawan yang sukses, dan dibutuhkan oleh perusahaan, sampai titik darah penghabisan atau perusahaan tidak beroperasi lagi. Dan bila harus di-PHK, Anda akan dapat dengan mudah untuk memperoleh pekerjaan lain di perusahaan sejenis, karena Anda sangat kompeten dan ahli di bidang Anda, sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan.

(Namun bila Anda goblok dan belagu, ya selamat menikmati masa istirahat Anda yang mungkin akan panjang, sampai Anda memiliki kompetensi yang tinggi)

Jadi bangunlah KOMPETENSI DIRI sepanjang waktu kehidupan dan pekerjaan Anda, dan janganlah menjadi lebih tua dan lebih peyot dengan SIA-SIA & PERCUMA.

3. MSN (Mental Safety Net)
Anda harus mempersiapkan mental Anda (jiwa, spiritual semangat dan antusiasme) dengan baik, walau Anda di pecat hari ini, Anda akan tetap dapat melangkah dengan tenang.

Jangan panik atau emosi, bila Anda sudah siap menghadapi krisis atau peristiwa yang paling buruk, maka PHK adalah urusan kecil.

Ingat Anda hidup bukan untuk hari ini dan bukan untuk diri Anda semata, Anda hidup untuk masa depan dan untuk anak-anak dan keluarga Anda. Jadi Anda harus tegar dalam menghadapi apapun demi anak-anak Anda.

Jangan "bunuh diri", tapi bunuhlah rasa malu Anda, dan teruslah melangkah, tetaplah tegar dalam kondisi apapun. Ingat Anda dibutuhkan HIDUP demi anak-anak dan keluarga.

1 komentar:

  1. semar mengatakan...
     

    Mantav..

    Saya setuju dengan 3 point tadi.. We have to survive withe the ellegant ways....

    Salam kenal boz...

    BERKATA BEBAS

Poskan Komentar