Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

PREDIKSI INVESTASI HINGGA AKHIR 2008

>Kalau anda cukup cerdik, anda akan sudah dapat menggambarkan apa yang terjadi di tahun 2008 sampai tahun 2011. Ringkasnya:

1. Tsunami gagal bayar di sektor kredit perumahan akan melanda US, dan yang terbesar di pertengahan tahun 2008. Kebekuan kredit semakin memburuk, kecuali the Fed punya terobosan, yang saya tidak ketahui saat ini. Implikasinya ialah investor akan berusaha meraih aset apa saja yang bisa diliquidasi untuk membayar kewajibannya. Pasar saham tertekan. Ada kemungkinan emas juga mengalami tekanan karena kebutuhan liquiditas yang tidak bisa dipenuhi.

2. Sektor subprime memang kecil, tetapi punya dampak dominonya bisa menyeret sektor lain. Kebangkrutan di sektor finansial termasuk asuransi akan meningkat.

3. Konsumsi yang menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi dunia sejak tahun 2003 akan menurun karena tidak adanya sumber yang bisa diekstraksi lagi. Dan ini akan membuat resesi di US. Resesi di US akan merambat ke Cina sebagai pemasok barang konsumsi ke US. Effek domino merambat ke sektor bahan baku komoditi, baja, nikel, tembaga, minyak, batu-bara... , permintaan berkurang dan secara bertahap harganya turun.

4. Kelebihan kapasitas untuk pemenuhan konsumsi ala besar pasak dari pada tiang, merupakan mal-investasi. Mal-investasi inilah yang harus terbabat dulu agar sistem ekonomi kembali normal.

5. Ada analis yang mengatakan bahwa saat ini banyak petro dollar terutama yang ada di Timur-Tengah serta dollar yang terakumulasi di Cina. Dollar ini masuk ke US dan menstabilkan pasar modal di US. Aliran dana ini dimanifestasikan dengan rendahnya yield treasury bond dan juga stabilnya bursa saham di US. Juga masuknya dana sebesar $7 milyar dari Dubai ke Citigroup. Saya meragukan karena dua alasan. Pertama, pemilik dana ini demikian bodoh masuk ke pasar tanpa strategi. Kalau bisa beli dengan harga yang lebih murah, kenapa tidak. Kedua sulit bagi dana ini untuk mempertahankan pasar US. Pemiliknya tidak punya kewajiban moral untuk menstabilkan pasar di US. Pemerintah US saja tidak melakukannya, kenapa orang Arab dan Cina mau melakukannya?

6. Rupiah peluangnya melemah terhadap Euro. Terhadap US dollar peluang melemahnya lebih kecil dari Euro. US dollar awalnya akan rebounce, tetapi kemudian melemah lagi. Yen carry traders, secara bertahap akan balik kandang dan membuat Yen menguat.

Untuk tahun Tikus 2008, bursa saham masih dirudung suasana bearish dan ekonomi peluangnya melambat bahkan dibeberapa negara sudah masuk resesi. Tikus yang menurut pribon Cina mempunyai karakter tanah di atas air. Nampaknya untuk tahun tanah yang mengapung di atas air ini akan gonjang-ganjing. Tikus sebagai binatang hama, bisa melambangkan bahwa tahun tikus 2008 adalah tahun yang berhama.

Ramalan adalah projeksi kedepan dari kejadian masa lalu. Pada dasarnya tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dimasa datang. Ramalan akan salah jika prilaku manusia berubah dari kebiasaan masa lalu. Apakah bank-bank sentral punya kiat yang sangat berbeda dari masa lalu? Apakah pelaku ekonomi juga berprilaku sangat berbeda dari masa lalu. Misalnya Cina, India, Russia dan Arab. Kalau demikian halnya, siklus ekonomi akan terpotong dan berubah sama sekali.

Salam,
Iwan Budhiarta, B.BA, RFP, CWM
Private Wealth Manager - BTCapital
Surabaya...081230304999...03172434999

0 komentar:

Poskan Komentar