Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Kronologger: Kronologi Blogger

>JAKARTA - Kronologger.com merupakan layanan micro-blogging, sebuah aktivitas nge-blog dengan postingan-postingan singkat yang berisi apa saja.

Karena statusnya yang (almost) real time, kronologger dapat menuliskan apa saja di blog tersebut, termasuk peristiwa yang sedang terjadi. Bahkan micro-blogging ini juga dikenal dengan istilah mobile-blogging sehingga postingan-postingan pada kronologger.com akan lebih gampang dan nyaman jika dilakukan secara mobile, menggunakan ponsel, PDA atau alat komunikasi handset lainnya. Tentunya dengan bantuan akses GPRS (internet) yang ada.

Selain itu, para kroner bisa mendapatkan postingan-postingan dari anggota grup kronologger yang diinginkan hanya melalui sebuah SMS. Untuk layanan kronologger melalui SMS ini, pihak developer kronologger harus bekerja sama dengan content provider sebagai penyedia nomor pendek.

Postingan-postingan yang dapat dikirim melalui ponsel (selain melalui PC), membuat Kronologger.com hampir mirip dengan layanan Twitter atau Jaiku yang ada di negeri seberang. Bahkan kedua layanan tersebut sempat diberitakan pernah menyelamatkan seorang mahasiswa (blogger) Amerika yang menjadi korban salah tangkap di mesir.

"Kronologger sendiri diresmikan pada Agustus 2007. Sebelumnya saya sempat kecewa karena ternyata sudah ada layanan yang mirip kronologger di negara lain. Hal itu membuat saya malas mengembangkannya lagi. Namun pihak Asia Blogging Network (ABN) tertarik dengan konsep ini sehingga mereka pun mengintegrasikan layanan ini dengan ABN," ujar founder Kronologger.com Kukuh TW saat diwawancara melalui pesan messenger beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Kukuh menambahkan bahwa sebelum Budi Putra (CEO ABN) mengajak kerja sama, layanan ini sempat diberi nama kronologis, karena memang isi pesannya yang mirip dengan sebuah kronologi dari kejadian dan peristiwa yang dialami oleh seorang blogger setiap waktunya (kronologi blogger).

Berbeda dengan layanan micro-blogging serupa (Twitter dan Jaiku), Kronologger memiliki keunikan karena penggunanya bisa mengirimkan foto langsung dari ponsel dan bisa meng-costumize dan menyumbang desain-nya sendiri.

"Jadi, user generated content-nya bukan sekadar posting isi tapi juga themes," tandas Kukuh.

Selain postingan kronologger, komunitas ini juga mengelola sebuah media wiki, yakni wiki.kronologger.org, tempat mereka mendokumentasikan berbagai aktivitas, istilah dan profil member Kronologger.

Selain itu, kronologger di-hosting di Indonesia sehingga penggunanya, terutama pengguna kronologger lewat telepon genggam, bisa dengan mudah mengakses, mengirimkan posting dan foto ke situs Kronologger

Performa pesan kroner yang dapat dikirimkan ke banyak nomor ponsel dapat dijadikan sebagai media alternatif SMS bulk plus chatting versi murah yang dapat digunakan oleh sekelompok orang (perusahaan) untuk berkomunikasi secara massal.

Bedanya, SMS Bulk hanya bisa menerima SMS (pesan) dari satu server pusat sedangkan anggota kroner bisa mendapatkan pesan singkat dari sesama anggota sehingga mirip dengan chatting grup melalui ponsel. Apalagi untuk mengakses pesan tersebut, SMS bulk hanya bisa menyimpan pesan di ponsel sedangkan kronologger memungkinkan pesan-pesan kroner tersimpan di dalam account masing-masing kronologger dan di ponsel pribadi mereka

sumber: okezone.com>

0 komentar:

Poskan Komentar