Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Pilih Asuransi Yang Tepat

>

Berbicara tentang nyawa, kayaknya sesuatu yang tabu untuk diutarakan. Padahal, harus kita akui bahwa nyawa seseorang sangat penting. Minimal untuk diri mereka sendiri. Siapa sih yang ingin kehilangan nyawa?

Untuk mereka yang berkeluarga atau memiliki tanggungan, nyawa yang dimiliki bukan hanya menjadi kepentingan dirinya pribadi. Akan tetapi juga untuk mereka yang menjadi tanggungannya. Seperti Ayah sebagai sumber pendapatan keluarga akan menjadi penting nyawanya bagi seluruh keluarga. Atau seorang anak yang menanggung kehidupan orang tuanya, tentu saja nyawanya sangat dibutuhkan oleh mereka yang menggantungkan hidup kepada orang tersebut.

Asuransi dan asuransi jiwa

Asuransi secara gampang bisa diartikan dengan pengalihan risiko yang mungkin timbul kepada pihak lain, dalam hal ini asuransi. Jadi, perusahaan asuransi dalam bisnisnya memberikan jaminan bahwa apabila si tertanggung mengalami risiko seperti yang telah ditentukan, maka pihak asuransi akan menanggung risiko tersebut atas nama si tertanggung.

Berbicara tentang asuransi jiwa berarti kita berbicara tentang perlindungan jiwa. Harus diingat jiwa di sini bukan berarti menaksir besar nilai jiwa si tertanggung, tetapi uang pertanggungan yang dibuat untuk mendapatkan besarnya potensi pendapatan yang hilang apabila si tertanggung tidak ada atau meninggal.

Terdapat dua jenis asuransi jiwa berdasarkan jangka waktunya yaitu whole life dan term life. Asuransi whole life adalah asuransi yang memberikan pertanggungan kepada tertanggung sampai dengan si tertanggung mengalami risiko yang ditetapkan atau jangka waktu usia maksimal yang ditentukan sehingga biasanya preminya tinggi sekali.

Adapun term life adalah jenis asuransi yang secara mudah bisa dijelaskan sebagai jenis asuransi jiwa terbatas jangka waktu perlindungannya, melindungi tertanggung sampai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan pada awal.

Whole life dan term life merupakan produk inti dari asuransi jiwa yang pada dasarnya memberikan layanan perlindungan. Walaupun kemudian berkembang menjadi produk asuransi dwiguna atau endowment di mana sebagian premi yang dibayarkan akan ditabung oleh perusahaan asuransi dan si tertanggung selain mendapat perlindungan juga mendapatkan hasil tabungan. Saat ini perkembangan asuransi berinvestasi lebih maju lagi dengan lahirnya produk linked atau biasa disebut dengan asuransi unit linked.

Sun Life

Salah satu perusahaan asuransi yang memiliki produk ini adalah PT Asuransi Sun Life Finansial Indonesia. Produk term life besutan perusahaan asuransi yang berdiri 1985 ini cukup kompetitif dengan beberapa kelebihan seperti kebebasan pilihan pembayaran premi mulai dari 5, 10, 15 bahkan sampai dengan 20 tahun, di mana perlindungan maksimal yang bisa diberikan sampai dengan tertanggung mencapai usia 90 tahun.

Di sini berarti si tertanggung cukup membayar premi selama yang dipilih yaitu 5, 10, 15 atau 20 tahun dan jangka waktu perlindungannya juga bisa dimaksimalkan sampai dengan usia si tertanggung 90 tahun. Akan tetapi tentu saja besaran premi yang dikenakan pasti akan berbeda tergantung dengan usia si tertanggung, besarnya uang pertanggungan dan lamanya pilihan perlindungan.

Untuk pilihan pembayaran, tertanggung bisa memilih apakah ingin secara bulanan, tiga bulanan, semesteran ataupun tahunan. Semua lengkap tersedia sesuai dengan kemampuan dan tentu saja komitmen si pembayar. Dengan dua pilihan jenis mata uang yaitu rupiah dan US$ dollar, tertanggung yang takut dengan inflasi atau penurunan nilai uangnya mungkin bisa menggunakan US$.

Bagi yang ingin memiliki perlindungan ini, Sun Life cukup memberikan kelonggaran usia mulai dari 5 tahun sampai 70 tahun. Namun tentu saja sama seperti produk term life lain, pada saat tertentu keberhasilan disetujuinya permohonan perlindungan harus didapatkan setelah si pemohon melakukan cek kesehatan.

Sequislife

Satu lagi perusahaan yang memberikan layanan sejenis adalah PT Asuransi Jiwa Sequislife. Berdiri dengan dukungan penuh Grup Gunung Sewu, perusahaan ini menunjukkan komitmennya dengan beragamnya produk layanan asuransi yang diberikan dan kekuatan modal juga keuangan yang ditunjukkan dari terus membaiknya risk base capital (RBC) yang mereka miliki.

Produk term life yang mereka usung adalah Superior term. Produk yang secara umum sama dengan produk sejenis di beberapa perusahaan asuransi lainnya, memiliki beberapa keunikan yang bisa dijadikan pertimbangan.

Dengan kelengkapan jenis mata uang yaitu rupiah dan US$, produk ini juga dipersenjatai dengan kemudahan untuk melakukan konversi atau perubahan jenis produk dari yang sekadar perlindungan menjadi produk yang juga memberikan tambahan manfaat investasi yang setara dengan tabungan.

Hal ini bisa dilakukan tanpa harus melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Walaupun bersifat berjangka (term), produk ini memungkinkan bagi si tertanggung untuk memperpanjang jangka waktu perlindungannya secara otomatis sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi tidak perlu menentukan jangka waktunya pada awal. Cukup buka, merasa cocok kemudian lakukan perpanjangan otomatis.

Produk ini nilai minimal premi yang bisa diterima adalah Rp500.000 per tahun untuk rupiah dan US$100 untuk US$. Nah dengan demikian, kita bisa menentukan berapa besar minimal uang pertanggungan yang bisa kita peroleh apabila kita masuk pada usia sekarang. Pembayaran hanya bisa dilakukan tahunan, dan bagi tertanggung diharapkan berusia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun untuk masuk menjadi nasabahnya.

Salam
Eko Endarto
PerencanaKeuangan.Com


sumber: resep.web.id

0 komentar:

Poskan Komentar