Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Tentang Reksadana I

>Setelah menurunkan artikel mengenai Reksa Dana (RD), banyak sekali pertanyaan yang masuk ke email redaksi. Kebanyakan pertanyaan yang diajukan kebanyakan sama. Oleh sebab itu, untuk penjelasan akan kami tulis di sini dengan maksud agar pertanyaan yang sudah pernah tidak ditanyakan kembali.

1. Apa yang dimaksud dengan Reksa Dana ?
Definisi sederhananya bisa seperti ini: suatu portofolio efek yang terdiri atas saham, obligasi, dan/atau kas yang diatur oleh perusahaan Manajer Investasi atas nama banyak pemodal.
Reksa Dana dapat juga diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

2. Apa yang dimaksud dengan perusahaan Manajer Investasi?
Manajer Investasi atau yang biasa disebut fund/investment manager adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek, dan menjual bagian (unit) dalam portofolio tersebut kepada pemodal, baik pemodal institusional maupun individual. Ketika Anda membeli unit suatu Reksa Dana, Manajer Investasi akan menginvestasikan dana Anda bersamaan dengan dana pemodal lain yang juga membeli unit Reksa Dana tersebut.

3. Minimal inves untuk reksadana berapa ya? kita yang maenin uang atau kita tinggal terima hasilnya? Sering denger tentang reksadanya cuma belum ada yang bisa terangin secara jelas.
kalo minimnya setor tergantung RDnya contohnya seperti
manulife... 100 Rb
Fortis .... ada yg 1jt ada yg 500 rb
Trimegah.... ada yg 500 Rb..
yg lebih dari ini juga ada....

RD ini kayak pingin main saham tapi pake sopir... jadi yg jalanin ya MI nya... kita tidak bisa ikut campur.. yang penting sampai tujuan.... jadi hanya terima hasilnya..
untk itu memeilih MI (sopir) ini yang paling penting....

4. Kalo mau liat RD yang bagus dimana? Ada tidak data yang bisa jelasin ke kita RD yang bagus apa?
untuk liat naik turunya NAB di http://www.infovesta.com/ dan untuk melihat perbandingan RD di http://portalreksadana.com/

5. Mau tanya. itu www.infovesta.com cara liat nya gimana y? Ada 1.2,3 sampe 5 tahun kok sampai ada yang 400% ketas itu maksud nya apa?
dari infovesta: NAB 20 Nov 2007
Fortis Ekuitas ----NAB 9,715.04___1 hari -0.34%__1 minggu 0.54 %__1 bln 4.00%___1thn 85.71%__3 thn 304.69% __ 5 thn 954.54 %

Bacanya ya, kalo investasi kita dlm 1 hari -0.34% tapi dalam 3 thn naik 304% dan 5 tahun naik 954% gitu aja.... Kalo yang di 3 thn belum ada datanya berarti RD itu umurnya belum sampai 3 thn. Ini bisa diliat dari nilai NAB.. Karena RD saham ini dkeluarkan dengan NAB sama yaitu 1.000. jadi semakin lama semakin besar dan bila ada NAB yg masih 1100 berarti ini RD baru.

6. Mo nanya nih, aku ada dana stand by 25 jt kalo di invest ke reksadana per tahun aku bisa dapet brapa yak?...bantu itungin dong
hm.. kayaknya anda salah mengerti tentang pengertian reksadana. Ikut reksadana bukan berarti anda bakalan untung. Reksadana hanya meminimalkan resiko tapi tidak menjamin bebas dari resiko. Ikut reksadana juga bisa rugi. Depend dari bagaimana MI dari reksadana yang Anda ikut mutarin duit anda. Mungkin anda lebih baik menyari tau tentang reksadana dari beberapa MI yang top di jakarta. Schroders salah satunya.

Reksadana ada macam2 diantaranya reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, valas, campuran, dll. Kalau Anda masih baru direksadana dan low risk, mungkin valas dan pendapatan tetap cocok buat anda tapi kalo anda sudah expert dan highrisk, anda bisa coba reksadana saham n campuran. Reksadana juga cocok buat investasi jangka panjang lebih dari 1 tahun atau lebih (rata2 3-5 tahun) lebih info baca aja di bapepam.go.id.

No Risk No Gain Bro... High Risk High Gain

7. Saya mau nanya masalah reksadana, minimal deposit untuk reksadana berapa ya? keuntungan yang didapat sama dengan deposito gak?
Hasil investasi Reksadana tentunya diharapkan lebih tinggi daripada Deposito, karena berlaku hukum "High Risk High Return". Cuman, Reksadana relatif lebih aman daripada Saham tunggal, dimana Reksadana merupakan metode diversifikasi saham sehingga dapat meminimalkan resiko kerugian yang bakal timbul, tapi bagaimanapun Reksadana tetap memiliki faktor resiko.
Tinggal bagaimana Anda dengan bijak melakukan investasi, lakukanlah investasi sejumlah dana yang sanggup Anda sisihkan tanpa mempengaruhi dana tunggal Anda sendiri.

Minimalnya macam-macam ada yg tinggi, misal Scroder untuk pembelian lewat Citibank minim 50jt, ada yg rendah, misal beli Manulife di Mandiri minim 5 jt-an. Jadi misalnya mau investasi di X, coba cari agennya. Kemudian telpon ke agen tersebut untuk menanyakan minimum depositnya. Kalo boleh saya bilang, keuntungannya lebih tinggi (dengan resiko yang lebih tinggi pula, jangan lupa)

8. Kalau fortis agen penjualnya siapa ya? bisa share minimal subscribenya berapa?
Fortis itu adalah salah satu Manager Investasi (MI), dan produknya dia itu banyak. Total ada 13 produk. Utk jelasnya bisa lihat di : http://www.fortisinvestments.co.id/

Sementara agen penjual Fortis Ekuitas adalah:
ABN AMRO Private Bank
American Express Bank,Ltd
Citibank,N.A
Commonwealth Bank
Bank Danamon
DBS Bank
Deutche Bank
HSBC
Lippo Bank
Bank Niaga
Bank Permata
Standard Chartered Bank
(refer to:http://www.fortisinvestments.co.id/index.asp?pgindex=1)

9. Dibandingkan tabungan dengan deposito selain bunga perbedaan mendasar dimana?
Deposito/tabungan dan reksadana sebenarnya sama-sama instrument investasi. Perbedaan paling mendasar adalah di tingkat risiko dan hasil investasinya ... kalau deposito risikonya memang rendah sekali namun hasil investasinya (bunga) juga rendah, sedang reksadana tingkat risikonya lebih tinggi... tapi hasilnya juga lebih tinggi dari deposito

Contoh :
Kalau deposito sekarang paling tinggi kasih hasil investasi 6% PERTAHUN !!! itu juga belum dipotong pajak. Sedang di reksadana hasil investasinya bisa lebih tinggi dari deposito dan tidak dipotong pajak, contoh di reksadana yang paling rendah tingkat risikonya yaitu reksadana pasar uang yang mirip dengan deposito hasil investasinya berkisar 7-9% pertahun.
Sedang di reksadana yang paling tinggi risikonya yaitu reksadana saham hasil investasinya malah lebih gila-gilaan antara 50% - 140%an PERTAHUN!!! Tapi risikonya juga tinggi...

Selengkapnya untuk hasil investasi di reksadana bisa dilihat di http://infovesta.com/

Kalau menurut saya tidak usah takut dengan risiko yang tinggi... Kalau jangka waktu investasi kita memang jangka panjang 3-5 thn, walaupun risikonya tinggi tapi hasilnya juga masih lebih tinggi dari deposito....

10. Mendingan kalau masuk reksadana itu, lebih menguntungkan masuk ke reksadana yang NAB nya masih kecil apa NAB yg udah gede ya? kalo NAB nya udah gede kita kan dapat unit nya lebih dikit kan?
ngak selalu karena yg dihitung adalah persentase, jadi sama aja. Yang penting liat return-nya gimana, ama MInya sapa....?

Misal, masuk RD 5jt, RD A dg NAB 1.000, dan RD B dg NAB 5.000 dan setelah 1 thn returnnya masing2 sama 50%

RD A-----NAB 1.000---- 5jt/1000 = 5.000 unit
RD B-----NAB 5.000---- 5jt / 5000 = 1.000 unit

setahun naik 50%, maka uangnya =
RD A---- NAB 1.500-----5.000 unit x 1.500 = 7.500.000
RD B ----NAB 7.500----- 1.000 unit x 7.500 = 7.500.000

Jadi kesimpulannya kan sama aja.. tergantung return yg didapat... jadi ya... kembali liat MI yg mengeluarkan RD itu siapa?

0 komentar:

Poskan Komentar