Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Jenis Produk Unit Link Berdasarkan Portofolio Investasi

>

Jika Anda mencoba mengikuti asuransi unit link yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa maka Anda mungkin akan ditawari beberapa alternatif produk unit link. Karena biasanya dalam satu perusahaan memiliki lebih dari satu produk maka diperlukan pedoman tentang produk mana yang sebaiknya kita pilih. Tulisan berikut akan menjelaskan jenis-jenis produk unit link berdasarkan porsi portofolio investasi, tingkat risiko, dan potensi pengembalian hasil investasi.

Jenis-jenis unit link tersebut adalah sebagai berikut :

1. Cash Fund Unit Link (Unit Link Dana Kas atau Pasar Uang)

Jenis unit link ini merupakan pilihan instrumen investasi yang paling aman dimana portofolio investasi akan ditempatkan 100% pada instrumen pasar uang seperti deposito berjangka, sertifikat BI, dan surat hutang jangka pendek. Rentang waktu investasinya jangka pendek dengan tingkat risiko paling rendah.

2. Fixed Income Unit Link (Unit Link Pendapatan Tetap)

Jenis unit link ini cocok diambil oleh nasabah yang ingin mendapatkan keuntungan pada tingkat bunga optimal namun tetap mengutamakan pendapatan yang stabil dan konsisten. Komposisi dana investasi akan difokuskan pada instrumen obligasi (sekurang-kurangnya 80%).

3. Managed Unit Link (Unit Link Pendapatan Campuran)

Jenis unit link ini sesuai untuk para nasabah yang ingin memperoleh investasi yang memberikan pendapatan memadai sekaligus memanfaatkan peluang pertumbuhan investasi dalam jangka panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut, pengelolaan dana investasi akan difokuskan pada saham dan obligasi dengan komposisi tertentu sehingga dapat diperoleh tingkat return yang optimal. Tingkat pengembalian dapat berfluktuasi dari tahun ke tahun namun relatif lebih stabil dibandingkan unit link dana saham.

4. Equity Unit Link (Unit Link Dana Saham)

Jenis unit link ini paling sesuai untuk nasabah yang ingin mendapatkan pertumbuhan hasil investasi secara maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut, dana investasi akan dikembangkan pada instrumen yang memiliki potensi pertumbuhan paling besar yaitu saham (sekurang-kurangnya 80%). Tingkat return atau pengembalian hasil investasi akan berubah dari tahun ke tahun dan berfluktuasi seiring dengan kondisi pasar saham.

Dari pembagian unit link di atas dapat disimpulkan bahwa urutan tingkat risiko dana investasi pada produk unit link berturut-turut dari paling rendah ke paling tinggi adalah Unit Link Pasar Uang – Unit Link Pendapatan Tetap – Unit Link Pendapatan Campuran – Unit Link Dana Saham. Sedangkan potensi tingkat pengembalian hasil investasi akan berlaku sebaliknya. Dengan demikian, unit link dana saham merupakan jenis unit link yang memiliki tingkat pengembalian hasil investasi paling besar, sementara unit link pasar uang menjadi unit link dengan pendapatan paling kecil. Hal ini sejalan dengan prinsip investasi “high risk high return” atau “no pain no gain” .

Untuk memutuskan jenis produk unit link mana yang harus Anda ambil, tentu saja hal ini akan dikembalikan kepada tipe Anda selaku “investor” apakah seorang “risk taker investor”, “moderate investor” atau “risk averse investor”. Jangan lupa pula tanyakan tentang syarat dan prosedur klaim, baik klaim untuk proteksi maupun klaim penarikan dana investasi. Jika semua informasi sudah Anda dapatkan, sekarang Anda siap untuk membeli unit link sesuai dengan kebutuhan dan profil Anda !.

0 komentar:

Poskan Komentar