Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Tidak Perlu Analisa!

>
Oleh: Debbie Sianturi

Ah....masa! Tidak perlu analisa! Apa maksudnya?

Itulah yang ingin saya sampaikan dalam artikel saya kali ini bahwa Tidak Perlu Analisa. Dengan maksud tujuan, analisa cukup digunakan untuk diri kita sendiri. Sebab berhati-hatilah dalam menganalisa sesuatu dan tidak perlu selalu kita sampaikan pada orang-orang di sekeliling kita. Ada beberapa akibat yang bisa timbul antara lain :

1. Analisa benar, dan disampaikan pada orang lain, maka orang-orang dibiasakan memiliki mental yang manja untuk selalu diberitahu. Daripada selalu diberitahu hasil analisa kita, lebih baik anjurkan mereka untuk membaca buku dan melatih diri sendiri untuk belajar menganalisa dengan tepat dan benar.

2. Untuk di lingkungan masyarakat tradisional, analisa yang benar sekalipun tidak dibenarkan. Sebab yang berlaku adalah senioritas seseorang di lingkungan tersebut.

3.Yang parahnya adalah jika analisa benar dan tidak dapat diterima dan dijadikan bahan fitnah bahwa sang penganalisa mendorong warga untuk melakukan tindakan anarki.

Wah, kan kita tidak bisa bisa hidup untuk diri sendiri? Bagaimanapun kita perlu orang lain dalam hidup ini? Kat-kata ini benar adanya dan saya setuju 100%.

Saran saya adalah BIJAKSANALAH dalam memberi analisa! Walaupun kita dapat menganalisa dengan secermerlang apapun, gunakan daya pengamatan yang tepat. Baiklah saya gunakan kata-kata yang mudah dipahami!
Dalam menganalisa sesuatu, tidak perlu kita langsung menyampaikan pada teman-teman kita. Melainkan renungkan dan resapi dalam hati kita sendiri hasil analisa tersebut. Kalaupun ada yang bertanya, yakinkan, orang tersebut bertanya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

Para pembaca yang baik,

Sadari bahwa kita hidup di jaman yang sudah berubah dari berbagai aspek. Maka tidak heran, kita sering menghadapi kompleksitas dalam hubungan antar manusia. Dan perubahan ini mengakibatkan kita perlu selalu mengamati dan menganalisa segala sesuatu. Dan jika hasil analisa kita dibutuhkan bagi masyarakat umum, pastikan bahwa analisa kita digunakan dengan benar dan penuh tanggung jawab. Karena kompleksitas ini, begitu banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab selalu terlalu gampang membuat analisa yang negatif dan menimbulkan keributan bahkan tindakan anarki.

Dunia berisi dengan penduduk yang sudah hampir tujuh milyar jiwa. Dan bisa dimaklumi begitu pada isi dunia ini. Maka, akhir kata dari saya adalah ANALISA DENGAN TEPAT, AMATI DENGAN CERMAT dan BERTINDAK DENGAN BIJAKSANA.

0 komentar:

Poskan Komentar