Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Gelang Merah Untuk Anak Indonesia

Tips 173: Advertise It To Yourself

>Ini adalah cerita tentang bagaimana kita bisa memulai tahun 2008 dengan perubahan. Ini adalah tentang bagaimana melakukan reframing di tahun ini, dan tidak lagi menjadi orang yang alergi menghadapi motivasi dari diri sendiri.

Bukankah ini yang paling sering terjadi pada diri kita? Ada yang berkata-kata di dasar hati, mengatakan bahwa sesuatu itu baik bila dilakukan. Kemudian, kita sendiri jugalah yang akhirnya menampik, dan kemudian tampil dan bertindak tetap seperti yang sudah-sudah.

Adalah lebih mudah menelusuri berbagai latar belakang di balik segala sikap, tindakan, dan perbuatan yang sifatnya konsumtif, ketimbang yang produktif.

Sikap yang memunculkan tindakan saya untuk membeli handphone, membeli kendaraan, dan membeli berbagai kebutuhan lainnya, sudah terlalu sering di-endorse oleh berbagai media di zaman modern seperti televisi, koran, majalah, radio, internet, dan sebagainya.

Advertisement, ya itu dia. Misalnya saja, saya ingin membeli handphone yang punya fitur 3G dengan kamera di atas dua mega pixel. Jika ada lebih dari satu merk dan tipe handphone yang tersedia di pasaran, maka saya akan berpaling kepada fitur lain, misalnya harga yang lebih murah. Siapa yang paling berperan dalam menentukan sikap, keputusan, dan akhirnya tindakan saya? Ya semua media itu!

Saya tetap punya pilihan dan prinsip bahkan untuk tidak membeli satupun. Akan tetapi, tetap saja semua media itulah yang punya peran endorsement cukup besar. Jika saya tidak jadi membeli, maka ini bisa dikatakan bahwa semua advertisement yang ada tidak mampu membuat saya take action untuk membeli.

Bagaimana itu semua bisa terjadi?

Our mind speaks in images not words. Alias visual, alias imajinasi, alias citra. Semua media di atas, adalah alat yang ampuh untuk kebutuhan ini. Semua citra dan gambaran yang terkait dengan sebuah produk diexpose secara konsisten dan berulang-ulang. Lagi, lagi, dan lagi. Pagi, siang, sore, malam dan seterusnya. Akhirnya, kita mengambil tindakan.

Lihatlah bagaimana anak-anak kita membeli jajanannya. Apa yang berpengaruh kuat? Iklan. Prosesnya adalah visualisasi, imajinasi, dan expose (awareness). Hasilnya, anak-anak take action dan mulai berbelanja.

Bagaimana membuat fenomena yang sering kontroversial ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri?

Saya hanya berpikir, alangkah baiknya jika kita justru mengambil peran ganda di era informasi ini. Menjadi pengiklan sekaligus menjadi target iklan. Apa yang diiklankan? Tentu saja target saya sendiri, cita-cita saya sendiri, rencana saya sendiri, berbagai perubahan yang saya kehendaki di tahun ini, perbaikan dalam hubungan dengan berbagai pihak, berbagai tips motivasi, kata-kata bijak dari orang-orang suskes, dan sebagainya. Iklan tentang segala kesuksesan saya kepada saya. Iklan motivasional.

Menurut saya, lebih bagus jika kita menjadi pengiklan bagi diri kita sendiri. Beriklanlah di cermin, sehingga kita bisa ter-exspose iklan itu secara rutin saat menyisir rambut. Di cermin kamar mandi, bernyanyi sambil membaca iklan bagi diri sendiri. Kirimlah sms motivasi kepada diri sendiri. Buatlah semenarik mungkin dan penuh warna-warni. Tirulah kemampuan para advertiser. Langkah ini bisa membuat Anda mampu mereframing diri Anda sendiri berdasarkan situasi dan keadaan Anda kini, yang mungkin sudah terlanjur menjadi korban iklan.

Lakukan pada diri sendiri, lakukan pada orang-orang yang Anda cintai. Banyak kok caranya, mulai dari dreambook, sampai daftar dan katalog cita-cita sukses. Mulai dari teks-teks kecil di sudut meja, wallpaper di layar monitor, sampai poster-poster berukuran besar. Munculkan di mana-mana di sekeliling Anda.

Keuntungannya ganda. Anda menjadi orang yang pandai memasarkan; dan kepandaian memasarkan sesuatu kepada diri sendiri, adalah modal terbesar untuk mampu memasarkan sesuatu kepada dunia luar.

Mudah-mudahan, dengan itu semua Anda akan "termakan" oleh berbagai iklan motivasional Anda sendiri. Akibatnya, Anda akan terinspirasi untuk mengambil inspired action, dan akhinya membeli dagangan terbaik Anda, yaitu motivasi dan tindakan positif yang mengarah pada kesuksesan Anda.

Selamat beriklan.

Ikhwan Sopa
Trainer E.D.A.N.
+62 21 70096855
QA Communication
School of Motivational Communication
http://milis-bicara.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar



 

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent