Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

New Year's Resolution

>Halo pembaca MEDIA KITA, senang sekali rasanya kami bisa menjumpai Anda lagi dengan artikel yang lebih fresh.


Tahun baru sudah dekat. Kita semua sudah bersiap-siap untuk menyambutnya. Bahkan mungkin Anda sudah memiliki rencana khusus dimana Anda akan merayakan Tahun Baru.

Jangan lupa Anda, dalam setiap tahun baru kita membuat daftar keinginan kita untuk tahun berikutnya. Daftar dari hal-hal yang kita inginkan inilah yang disebut dengan New Year's Resolution. Berikut adalah 9 New Year's Resolution yang paling populer:

1. Menyediakan waktu lebih banyak untuk keluarga atau teman.
2. Mengurangi berat badan.
3. Berhenti merokok.
4. Lebih menikmati hidup.
5. Terbebas dari belitan hutang.
6. Liburan ke luar kota.
7. Menyimpan uang untuk masa depan.
8. Menolong orang lain.
9. Mempelajari hal baru.

Ingatlah bahwa dalam menuntukan keinginan, kita harus SMART. Berikut adalah kepanjangan dari SMART berdasarkan Tung Desem Waringin:

- Spesifik, kita harus bisa membayangkan secara detil keinginan kita. Misalkan Anda ingin liburan ke luar kota, Anda harus sudah bisa membayangkan ke kota mana yang Anda inginkan, dimana Anda akan menginap, tempat-tempat apa sajakah yang akan Anda kunjungi.

- Measureable, keinginan harus dapat diukur. Misalkan Anda ingin menyediakan waktu lebih banyak untuk keluarga atau teman, Anda harus dapat menyebutkan berapa banyak waktunya. Sebagai contoh 2 jam per hari.

- Antusiasable, harus tetap semangat untuk mencapai keinginan. Keinginan jangan terlalu besar sehingga tidak semangat dalam mencapainya, atau jangan terlalu kecil hingga menjadi menganggap sepele. Misalkan pendapatan Anda masih belum cukup untuk membiayai liburan ke luar negeri, jangan menargetkan tujuan liburan ke luar negeri. Biaya liburan akan membebani Anda, sehingga Anda akan kehilangan antusias dalam mencapai keinginan.

- Result-Oriented, fokuskan perhatian Anda pada apa yang ingin Anda capai. Proses atau cara untuk mencapainya bisa diatur kemudian.

- Time-Framed, harus ada jangka waktu kapan kita akan mencapai tujuan kita.

Nah, untuk mewujudkan keinginan kita, tentunya kita memerlukan rencana. Sisi keuangan juga tidak akan terlepas dari rencana kita. Misalkan saja Anda ingin berlibur ke luar kota. Pertama-tama Anda harus menentukan lokasi yang ingin Anda tuju. Misalkan saja Anda ingin ke Bali. Kemudian Anda menentukan jenis transportasinya, misalnya naik pesawat. Terus tentukan juga hotel tempat Anda menginap, berapa lama Anda di Bali, serta tempat rekreasi mana saja yang akan Anda kunjungi. Dari detil rencana Anda, Anda dapat menentukan perkiraan biaya untuk liburan Anda, misalnya:

- Pesawat Pulang Pergi (termasuk airport tax dan taxi ke bandara): Rp. 1.400.000,-
- Hotel untuk 3 hari : Rp. 1.500.000,-
- Biaya Makan 3 hari : Rp. 300.000,-
- Tiket masuk tempat rekreasi : Rp. 150.000,-
- Biaya lain-lain : Rp. 500.000,-

----------------------------------------------------------

Total: Rp. 3.850.000,-



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keinginan kita harus diberi Time-Framed atau jangka waktu pelaksanaan. Misalkan saja Anda ingin liburan Anda dilakukan pada bulan Juli 2008. Artinya Anda memiliki waktu 7 bulan untuk menyiapkan biayanya. Bagilah total perkiraan biaya dengan 7, Anda akan mendapatkan angka Rp. 550.000,-. Dalam waktu 7 bulan kedepan, Anda harus menabung sebanyak Rp. 550.000,- per bulan untuk membiayai liburan Anda.

Kalau boleh saya menyarankan, sebaiknya Anda mempelajari keuangan pribadi untuk membantu Anda dalam mencapai New Year's Resolution. Sebab, tanpa dukungan yang kuat dari sisi keuangan, Anda akan kesulitan dalam proses mencapai keuangan Anda. Dalam artikel berikutnya saya akan membahas mengenai sisi keuangan untuk masing-masing new year resolution.


Sampai disini dahulu artikel saya untuk hari ini. Semoga bermanfaat.



Regards,



David Ciang

0 komentar:

Poskan Komentar