Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Kartu Kredit, Perlu Punya Gak Sih?

>

Kartu Kredit, Perlu Punya Gak Sih?

Penulis : Novri

Pada dasarnya Kartu kredit itu bisa dilihat sebagai dua hal:

a. alat pembayaran
b. fasilitas utang

Nah, karena itu punya keuntungan dan kerugian:

1. Keuntungan
- bisa dibayar belakangan (artinya beli hari ini, bayar belakangan, maksimal 45 hari)
- bisa jadi jalan keluar saat butuh uang mendadak, misalnya masuk rumah sakit malam hari
- alat pembayaran, nggak perlu bawa uang tunai dalam jumlah besar.
- Bisa mengkonsolidasikan seluruh tagihan, misalnya telepon, listrik, TV Kabel, sehingga kita nggak perlu inget tanggal jatuh tempo masing-masing, cukup ingat satu tanggal tagihan kartu kredit saja.

2. Kerugian
- Bunganya besar, kalo kita nggak bayar seluruh tagihan, maka bunga akan dihitung berdasarkan besarnya tagihan awal. misalnya kita ada tagihan 5 juta, kita bayar 4,9 juta (sisa 100 ribu) maka bunga yang dikenakan berdasarkan angka 5 juta, bukan yang seratus ribu.
- Bisa jadi bumerang, karena kalo kita nggak sadar, maka kita akan terlilit hutang. Ingat bunga kartu kredit akan dihitung secara “bunga berbunga” artinya semakin lama, maka semakin besar.

Menurut saya, kita PERLU PUNYA. Tapi dengan kesadaran bahwa kartu krredit yang kitya punya semata-mata alat pembayaran.

Jadi, belanjalah dengan kartu kredit untuk belanjaan yang uang untuk membayarnya sudah ada. Bukan belanja dengan uang pembayaran yang belum jelas, apalagi sekedar gengsi.

Kalo bisa, selalu membayar penuh setiap tagihan, agar tidak terkena bunga yang sangat tinggi. Rata-rata bunga kartu kredit sekarang adalah 4% per bulan atau 48% per tahun.

Jangan pernah berpikir bahwa kartu kredit sebagai sarana utang, karena akan sangat merepotkan di masa yang akan datang.

Kita bisa membuat pembayaran kartu kredit kita tanpa dikenakan bunga atau pinalti, sepanjang kita membayar tepat waktu dan full amount (seluruh tagihan).

Misalnya begini:

Pencatatan tagihan kartu kredit kita adalah setiap tanggal 1. Artinya seluruh pembelanjaan kita sebelum tanggal tersebut akan ditagih pada tanggal 1 itu. Nah, jika tanggal pencatatan adalah tanggal 1 maka jatuh tempo tagihan biasanya 15 hari setelahnya, misalnya tanggal 16.

Nah, misalnya Anda belanja antara tanggal 2 Februari sampai 28 Februari, maka akan tercatat tagihannya tanggal 1 Maret, dan jatuh tempo tanggal 16 Maret.

Atas tagihan tersebut, sepanjang Anda membayar sebelum tanggal 16 Maret, maka tidak akan terkena bunga apapun.

Pemegang kartu kredit akan dikenakan biaya iuran tahunan atau annual fee. Besarnya iuran tahunan umumnya 150 – 200 ribu per tahun untuk Silver/Classic, 300 ribu untuk Gold Card atau 750 ribu-satu juta untuk Platinum. Tapi biaya itu biasanya digratiskan jika kita belanja dalam jumlah tertentu selama setahun, biasanya dikonversi dalam bentuk reward points.

Nah selamat memiliki kartu kredit!

[sumber: http://n0vri.wordpress.com]

0 komentar:

Poskan Komentar