Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

'Kiamat' 2012, Aktivitas Natural Matahari

>16 Nov 2009 | Media Kita | Rachmatunnisa - Okezone

?ui=2&view=att&th=124dd598237a26db&attid=0.1&disp=attd&realattid=ii_124dd598237a26db&zw

JAKARTA - Perkiraan akan datangnya kiamat pada 2012 telah banyak dibahas di berbagai media. Faktanya, perkiraan tersebut sebenarnya merupakan fenomena alami berupa aktivitas maksimal matahari yang rutin terjadi secara berkala setiap 11 tahun sekali.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Adi Sadewo Salatun menyebutkan, dalam ilmu sains, fenomena seperti ini dikatakan sebagai kiamat scientific.

"Kita mengenal dua kiamat. Satu adalah kiamat reliji yang diyakini setiap umat sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Yang kedua adalah kiamat scientific," kata Adi saat ditemui di kantornya, Senin (9/11/2009).

"Secara sederhana, para astronom menggambarkannya sebagai aktivitas kekuatan gravitasi matahari yang sangat kuat dan setiap 11 tahun sekali perilakunya meningkat. Saat tarik menarik gravitasi demikian kuat dan tidak tertahankan lagi, hal ini akan menyebabkan ledakan hidrogen," kata Adi.

Secara sederhana, Adi menyebutkan bahwa ketika mengalami aktivitas maksimal, matahari mengeluarkan radiasi yang bisa mempengaruhi Bumi. Saat gravitasinya melemah, matahari akan mengembang dan Bumi bisa masuk ke dalam apinya.

Dampak yang ditimbulkan berpengaruh besar terhadap Bumi. Sebagai contoh, saat terakhir kali terjadi, fenomena ini menyebabkan orbit satelit bergeser. Ketika itu satelit palapa berubah letaknya. Pun dengan satelit-satelit milik negara lain. Satelit Ardios milik Jepang bahkan mati total. Hal ini tentunya mempengaruhi komunikasi masyarakat di Bumi.

Pada kasus yang cukup ekstrim hal ini akan mengganggu transmisi listrik di Bumi yang menyebabkan gardu PLN meledak dan mati listrik.

"Tugas Lapan adalah memberitahukan hal ini kepada operator telekomunikasi, PLN dan masyarakat lainnya menjelang terjadinya fenomena tersebut," kata Adi.

Namun menurut Adi, sejauh pengamatan Lapan hingga saat ini yang terlihat hanya aktifitas matahari yang wajar, belum ada gejala yang perlu ditakutkan.

"Saat matahari akan melakukan aktivitas maksimal, mulai sekarang bisa terdeteksi bagaimana perilakunya," tandasnya. (srn)

14 komentar:

  1. pilot's handbook of aeronautical knowledge mengatakan...
     

    Kiamat 2012? Menurut saya sih gak bakal nyampe. Kemarin aja gua lihat napas Ki Amat udah tinggal atu-atu. Kasihan tuh Ni Amat, bakal ditinggal sendiri.

  2. ridwan mengatakan...
     

    hebat amat udah bisa nentuin kiamat bakal terjadi 2012

  3. andy mengatakan...
     

    namanya juga manusia sob...bisa memprediksi namun ga bisa menentukan pasti benar apa ga tahun 2012...semuanya ga ada yang tau....kita sebagai manusia cuma bisa berusaha aja dan berdoa meminta perlindungan ama Allah.....yang pasti pemerintah kudu nyiapin dari jauh-jauh hari untuk mengatasi gejalan alam ini

  4. SEO : risang mengatakan...
     

    bolehlah ada informasi tentang bencana alam hebat. tapi jangan sebut itu kiamat. Karena tidak ada orang yang bisa memprediksi apalagi menentukan kapan kiamat terjadi.
    Kiamat hanya akan menjadi Misteri bagi kita umat yang beriman.

    My Hybrid

  5. program kasir mengatakan...
     

    yagh, yang terjadi biar lah terjadi.
    kita jangan menghendaki kehendak tuhan.jangan terlalu berlebih-lebihan dalam mendramatisir sesuatu.

  6. ayahthari mengatakan...
     

    walaupun cuma ramalan, kita harus tetap waspada...waspada..apalgi ada tanda2 gerhana matahari kemarin...

  7. fannie mengatakan...
     

    percaya ga percaya deh...
    banyakin amal aja. hahaha

  8. Sewa Mobil Bali mengatakan...
     

    semua kejadian yang ada dialam ini sudah menjadi kehendak yang diatas n ga boleh berlebih"n menafsir...kita sebagai umatnya mesti berdoa mintak perlindungannya....

  9. Radio Streaming mengatakan...
     

    hanya Allah lah yang mengetahui kapan terjdi kiamat.

  10. rumah murah mengatakan...
     

    kiamat sesuatu yang pasti, tapi kapan terjadinya, hanya Allah yang tau

  11. Sewa Mobil Bandung mengatakan...
     

    itu semua kan cuma ramalan dan perkiraan yang belum ada yang bisa menjamin kebenarannya,, jangankan kiamat,, besok seperti apa juga gada yang tau pasti, jalani aja dah yang penting bekali diri dengan amal,ilmu dan iman, jadi ngak perlu khawathir kiamat itu akan datang.

  12. rental mobil di bandung mengatakan...
     

    itu hanya ilusinasi orang-orang didunia ini, kiamat atau kehancuran dunia itu tuhan yang tahu kita hanya meramal saja, kita berdoa saja untuk keselamatan dunia dan ketentraman dunia saja.

  13. Nikmaya John mengatakan...
     

    Tekhnologi secanggih papun tidak akan bisa mengungkap rhasia kiamat,,,

  14. obat herbal penyakit migren mengatakan...
     

    semoga di tahun 2012 tidak akan terjadi apa-apa....

Poskan Komentar