Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

14 Keajaiban alam di Dunia

>
oleh: Kie 82

Alternatif lain bagi Keajaiban Dunia

Kalo kita mendengar mengenai 7 keajaiban dunia, mungkin sudah mulai bosan, maka kita menyajikan alternatif lain mengenai keajaiban yang terjadi secara alami dan luar biasa menarik.

Kita liat satu persatu yuk

1. Ngarai Sianok

Bukittinggi – West Sumatra - Indonesia

sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, dengan Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu objek wisata utama provinsi.
Jurang ini dalamnya sekitar 100 m membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau - hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal) - yang dialiri Batang Sianok (batang berarti sungai, dalam bahasa Minangkabau) yang airnya jernih.
Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai.
Batang Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak yg disaranai oleh suatu organisasi olahraga air "Qurays". Rute yang ditempuh adalah dari Desa Lambah sampai Desa Sitingkai Batang Palupuh selama kira-kira 3,5 jam. Di tepiannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Fauna yang dijumpai misalnya monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, serta tapir.

2. The Wave

Di antara Arizona dan Utah – USA

keajaiban1

Formasi batuan yang luar biasa ini menjadi batas antara Arizona dan Utah . Gelombang tanah (The Wave) ini terbentuk dari bukit pasar berusia 190 juta tahun yang ,mengeras dan berubah menjadi batu. Formasi batuan yang tidak terkenal tapi ternyata sangat indah ini hanya bisa ditempuh melalui jalur kaki sejauh 5 km dan kunjungan juga sangat dibatasi

3. Antelope Canyon

Arizona – USA

Bagian ini adalah bagian lembah yang paling banyak direkam oleh kamera. Lembah Antelope terdapat di daerah Navajo, Arizona . Lembah ini terbagi dua, sebagai " Upper Antelope Canyon atau" "The Crack" yang dalam bahasa asli Navajo adalah Tse' bighanilini, atau "tempat di mana air mengalir melalui batu." Sedangkan belahan lainnya disebut sebagai "Lower Antelope Canyon" atau "The Corckscrew" yang dalam bahasa Navajo adalah Hasdestwazi atau "Gerbang batu Spiral"

4. Great Blue Hole

Belize – Centre America

keajaiban31

Sebagai bagian dari Sistem Karang Mercusuar, Great Blue Hole terletak sekitar 90 km dari kota Belize . Lingkaran sempurna dengan garis tengah sekitar 0,4 km, merupakan tempat menyelam paling sempurna di dunia. Dalam lubang ini mencapai 145 meter dan kedalaman ini yang membuat warnanya tampak berbeda dari sekitarnya

5. Crystal Cave of the Giants

Meksiko - South America

keajaiban4

Gua Kristal para Raksasa ini ditemukan di dalam pertambangan di daerah Chihuahua , Meksiko, yang terbentuk dari gua alami yang terkubur rapat dalam bebatuan. Berbagai susunan kristal setinggi pohon cemara, dan terkadang ditemui dalam warna emas atau perak yang agak tembus pandang, dalam berbagai bentuk dan ukuran.

6. Eye of the Sahara

Mauritania – Nortwest Africa

keajaiban5

Bentukan alami di Mauritania ini berada di bagian barat daya gurun Sahara , dengan diameter mencapai hampir 50 km dan bahkan dapat terlihat dari luar angkasa. Mata Sahara, yang juga disebut Richat Structure, adalah bentukan yang pada awalnya dipercaya timbul karena tumbukan meteor, tapi sekarang ditemukan bahwa hal ini adalah hasil erosi, tapi kenapa bundar? hal ini masih dipertanyakan!

7. Blue Lake Cave

Brazil – South America

keajaiban61

Mato Grosso do Sul di Brazil ini memiliki banyak sekali danau dan gua bawah tanah yang indah: Gruta do Lago Azul, Gruta do Mimoso, AquƔrio Natural. Gua Danau Biru "Gruta do Lago Azul" ( Blue Lake Cave ) adalah monumen alami yang dibentuk dengan indah oleh alam melalui stalaktit, stalagmit dan danau indah biru yang besar. Kecantikan danau ini luar biasa, dan warna biru-nya yang menjadi pusat perhatian dan keindahan danau yang ada.

8. Giants Causeway

Irlandia - Great Britannia – West Europe

keajaiban7

Di daerah ini ada sekitar 40.000 tiang batu basalt saling tumpang tindih. Secara geologis, hal ini terjadi karena ledakan gunung berapi, yang terletak di daerah pantai utara Irlandia. Uniknya, hampir semua tiang memiliki enam sisi, walaupun terkadang ditemukan juga tiang dengan sisi empat, atau bahkan lima , tujuh dan delapan. Tiang tertinggi adalah 12 meter dan tebal formasi ini dapat mencapai 28 meter.

9. Hell Gate

Uzbekistan

keajaiban8

Dijuluki sebagai Pintu Neraka, keajaiban ini memang ada dan terletak di dekat kota Darvaz. Ketika para ahli geologi melakukan pengeboran untuk mencari gas alam, 35 Tahun lalu, tiba2 ditemukan gua bawa tanah yang luar biasa besar, dan sampai sekarang gua tersebut masih terus mengeluarkan gas yang menyala dan terus menyala tanpa henti hingga hari ini.

10. Wave Rock

Australia

keajaiban9

Formasi alami ini dapat anda temui di Australia Barat, dengan bentuk yang memang seperti gelombang laut dahsyat. Luas daerah ini mencapai 7 hektar, tinggi gelombangnya mencapai 15 meter dan panjangnya mencapai 110 meter.

11. Chocolate Hills

Filipina

keajaiban101

Daerah yang terbentuk atas 1,286 bukit kerucut sempurna yang terbentang di area seluas 50 km persegi. Bentuk geologis yang tidak umum ini disebut Chocolate Hills, (bukit coklat) ini terdapat di Bohol, Filipina. Beberapa hipotesa mengenai bentuk bukit ini tapi yang kelas, semua 1,286 bukit ini bentuk dan ukurannya hampir sama persis!

12. Green Canyon

Pangandaran – West Java - Indonesia

grend

grend2

grend3

grend4

Tempat berlibur yang sangat indah ini ternyata terletak tidak jauh dari kita, tepatnya di Pantai Pangandaran, Jawa Barat , Indonesia . Tempat berlibur ini sangat disarankan untuk warga indonesia .

13. Danau 3 Warna

Kelimutu Mountain – Sumbawa – WEST Nusa Tenggara - Indonesia

danau1

Danau tiga warna di puncak kawah Gunung Kelimutu yang menjadi salah satu dari keajaiban dunia ini benar-benar mempesona dengan keindahan dan misteri yang tersimpan di puncak gunung setinggi 1.690 meter di atas permukaan laut. Mungkin pada saat ini warna-warnanya sudah berubah akibat manusia. Foto ini diambil pada tahun 1929, mungkin sekarang keadaannya sudah berbeda.

14. Pink Lake

Western Australia

danau2

danau3

Berada di sebuah pulau di Australia Barat. Matthew Flinders menemukannya pada tahun 1802 dan sampai sekarang tidak ada yang tahu mengapa danau itu bewarna pink.


sumber: berbagai sumber

0 komentar:

Poskan Komentar