Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Gelang Merah Untuk Anak Indonesia

Jadikan Market berada di Genggaman Anda

>

oleh: Ridwan Firdaus

Dalam beberapa kesempatan silam ketika asyik ngobrol dengan teman-teman mengenai "mau bisnis apa ya?", tidak sedikit saya menemukan ide–ide bisnis yang terlontar dari teman-teman yang sangat antusias untuk menjadi pebisnis, bahkan banyak juga yang sesungguhnya memiliki kemampuan atau ketrampilan yang bisa dijual.

Kecerdasan dalam membaca peluang memang perlu di biasakan dan diasah. Namun, ada sisi yang menurut saya agak mengganjal pikiran, hampir dari yang saya temui lebih konsen dan fokus memikirkan bagaimana produksinya, mencari cara bagaimana cara membuatnya, berusaha mencari modal untuk melengkapi peralatan dan alat produksi dll.

Tapi ada satu hal yang penting, cenderung diabaikan, jarang di lakukan, apakah itu? Ya, tentu saja "Market"
Begini, kebetulan kejadian ini menimpa saudara saya beberapa tahun silam ketika mencoba membangun bisnisnya. Idenya cukup bagus, jika dilihat potensi pasar juga Ok, begitu antusiasnya melihat peluang, langsung dibeli peralatan & perlengkapan produksi hingga puluhan juta, kemudian langsung juga produksi massal hingga ribuan sachet (alasan nya biar costnya murah jika produksi sekaligus banyak). Lalu apa sesudah itu? Bingung deh, mau di kemana kan produknya :)
Bahkan hingga kini masih banyak stok yang tersisa di gudang rumahnya, enggak tau deh apakah sudah expired atau tidak ?

Cukupkah jika mengetahui Potensi Pasarnya saja?
Sebenarnya saya pribadi tidak menguasai teorinya. Ringkasnya begini, ketahui dulu segmen yang mau di bidik, benar-benar butuh atau tidak? apakah laki-laki atau perempuan, kelas menengah atas, sedang atau bawah, dewasa, orangtua atau anak-anak, komunitas tertentu atau publik dll. Cukupkah sampai disini? Ternyata belum, karena banyak juga para pebisnis yang sudah menulis rincian siapa target marketnya, lalu apanya yang kurang??

Cari tahu bagaimana caranya agar produk anda bisa menyentuh ke target market yang telah anda bidik Cari tahu bagaimana cara mengkomunikasikan produk Anda hingga target market yang tidak tahu menjadi tahu keberadaan Anda. Bahkan tidak hanya tahu saja, tapi tergerak untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Jadi ketahuilah cara menyentuh market yang anda inginkan lalu setelah itu cari barangnya, cari bagaimana membuatnya.

Lalu bagaimana jika pasarnya sudah jelas, calon pembeli sepertinya antri menunggu produk jualan anda, gampang...buru-buru cari dimana suppliernya atau produsennya bahkan kalau bisa ke depannya bagaimana cara membuatnya.

0 komentar:

Posting Komentar



 

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent