Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

SEBELUM MEMILIH SIDE JOB

>Tuntutan hidup yang semakin tinggi dan kebutuhan yang terus meningkat tak ayal membuat banyak orang stres. Rasanya berapapun penghasilan yang diterima tak pernah cukup. Hal ini masih diperparah dengan melambungnya harga-harga kebutuhan pokok.

Kondisi tersebut menyebabkan banyak pekerja berpikir untuk mencari penghasilan tambahan lewat kerja sampingan atau side job. Namun, Anda tidak bisa begitu saja melakukannya. Jika saat ini Anda tercatat sebagai karyawan tetap di suatu perusahaan maka ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan menjalani side job. Coba simak lima hal berikut ini:

Jenis atau bidang side job
Usahakan agar antara pekerjaan utama dan sampingan tidak saling bertolak belakang. Kalau bisa, pilihlah side job yang mendukung pekerjaan utama Anda. Misalnya jika pekerjaan Anda sebagai wartawan di suatu media, Anda bisa memilih side job sebagai penulis freelance di berbagai media.

Iklim kerja di kantor
Perhatikan iklim kerja di kantor Anda. Apakah situasi kantor Anda saat ini mendukung atau memungkinkan untuk melakukan side job. Jika jam kerja Anda cukup fleksibel, Anda bisa lebih leluasa melakukan side job. Namun jika jam kerja Anda nine to five misalnya, Anda harus menyesuaikan side job yang Anda pilih agar tidak mengganggu jam kerja utama Anda.

Nilai tambah
Sebelum menjalani side job, Anda harus mempertimbangkan nilai tambah apa yang akan Anda dapatkan dari side job Anda, baik secara ekonomi, sosial, mental, maupun spiritual. Jangan sampai side job yang Anda pilih hanya membuang-buang waktu dan energi sementara hasil yang didapat sama sekali tidak menutupi kebutuhan Anda.

Tolak ukur keberhasilan
Diperlukan suatu patokan untuk menentukan keberhasilan Anda, dari segi kualitas, prioritas, hasil kerja maupun kuantitas yakni waktu yang dibutuhkan sehingga dapat dievaluasi apakah side job tersebut cenderung menguntungkan atau malah merugikan, perlu diteruskan atau dihentikan.

Posisi
Coba pikirkan, apakah side job yang akan Anda jalani mengganggu jabatan dan posisi Anda atau tidak? Jika saat ini Anda menduduki jabatan tertentu yang cukup menguras waktu dan energi, rasanya Anda perlu mengkaji ulang apakah Anda masih perlu side job atau tidak.

Yang jelas, apapun jenis side job yang Anda jalani nanti, jangan sampai mengganggu tanggung jawab utama Anda. Selebihnya Anda juga perlu memikirkan faktor kesehatan. Karena, memiliki satu pekerjaan saja Anda perlu kondisi yang fit apalagi punya pekerjaan ganda. Maka jagalah kesehatan Anda dengan baik. Nah jika Anda sudah mempertimbangkan dengan baik, Anda bisa memutuskan tanpa perlu menyesal di kemudian hari. Semoga berhasil! (dk)

sumber: Jawaban.com

0 komentar:

Poskan Komentar