Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

6 Cara Untuk Tetap Fokus Kepada Goal Anda

>Oleh: Welly Mulia (http://wellymulia.com)

Banyak Hampir setiap orang yang terjun di bisnis internet mengalami kesulitan untuk tetap fokus terhadap goal atau tujuan yang telah mereka tetapkan.

Tetapi bagaimanapun mereka masih lebih baik di banding orang-orang yang tidak punya goal atau tujuan sama sekali :)

Biasanya orang-orang yang sulit untuk fokus terhadap goalnya dikarenakan banyak sekali gangguan di luar sana.

Program-program “cepat kaya” muncul hampir setiap hari dengan kecepatan seperti virus. Belum lagi email tipuan “anda dapat warisan dari Nigeria” yang menjamur dimana-mana.

Ada pepatah bahasa Inggris yang mengatakan “if it sounds too good to be true, it usually is”. Artinya apabila sesuatu kelihatannya sulit untuk dipercayai, biasanya hal tsb adalah tipuan.

Dalam artikel ini saya mau sharing 6 cara yang bisa membantu anda untuk Fokus kepada goal/tujuan anda:

1. Potong goal anda yang besar sehingga menjadi kecil

Apakah anda tahu bagaimana memakan Gajah?

Caranya adalah dengan momotong gajah tsb sehingga menjadi potongan yang kecil-kecil.

Kalau goal anda terlalu besar, anda akan sulit untuk Fokus.

Contohnya seperti ini: Misalnya anda mempunyai goal untuk mendapatkan Rp. 100.000.000/bulan nett profit dari bisnis Internet anda. Mungkin untuk anda goal Rp. 100.000.000/bulan terlalu besar buat anda sehingga anda langsung lemas ketika mendengar angka yang begitu besar.

Namun kalau anda memotong goal tsb menjadi, misalnya, Rp. 10.000.000/bulan dalam waktu 3 bulan, dan Rp. 30.000.000/bulan dalam waktu 6 bulan, lalu Rp. 50.000.000/bulan dalam waktu 1 tahun, Rp. 100.000.000/bulan dalam waktu 1.5 tahun, anda akan merasa lebih “ringan” dan lebih termotivasi untuk mencapai goal anda.

Yang tadinya anda pikir mustahil mencapai angka seratus juta Rupiah, sekarang anda lebih PD dan lebih yakin bisa mencapati goal tsb setelah anda memotongnya menjadi lebih kecil.

2. Fokus kepada goal yang mau anda capai

Banyak orang, termasuk saya kadang-kadang, kehilangan Fokus ketika menjalani bisnisnya. Mau bisnis Internet keq, atau bisnis offline keq, semua orang pasti pernah mengalami kehilangan Fokus.

Misalnya goal anda saat ini adalah mendapatkan Rp. 50.000.000/bulan dari membuat dan menjual produk anda sendiri lewat Internet.

Berarti seharusnya anda melakukan aktivitas yang mendukung anda ke goal tsb, misalnya mendatangkan traffic kepada situs anda, atau membina hubungan yang baik dengan customer anda.

Tapi bukannya anda melakukan hal-hal tsb, malah anda browsing dan berbincang di forum HYIP atau forum Forex. Kan ini tidak ada hubungannya dengan goal anda!

Fokuslah kepada goal yang mau anda capai, dan hanya lakukan aktivitas yang mendukung goal tsb. Yang lain diabaikan saja.

3. Tentukan dateline yang spesifik untuk goal anda

Hanya dengan mengetahui apa goal anda tidaklah cukup, karena anda HARUS menentukan KAPAN anda mau mencapai goal tsb.

Pada umumnya, ketika kita ditanya kapan mau mencapai goal kita, kita akan menggunakan kata-kata seperti “secepatnya”, “as soon as possible”, “tahun depan”, atau “2 tahun lagi”, dst. :mad:

Jangan menggunakan kata-kata seperti ini, karena mereka tidak jelas.

Apa artinya “secepatnya” atau “as soon as possible”? Besok kah? Minggu depan kah?

Apa juga artinya “tahun depan” atau “2 tahun lagi”? Tahun depan kapan? 2 tahun lagi kapan? Januari kah? Atau Desember kah?

Gunakan dateline yang spesifik seperti “11 Agustus 2009″. Nah dengan menggunakan tanggal yang spesifik seperti ini kan jauh lebih baik. :razz:

Otak kita akan bekerja jauh lebih baik apabila kita mempunyai goal yang jelas dan spesifik, dan juga dateline yang jelas dan spesifik.

4. Secara konsisten, ingatkan kepada diri sendiri goal anda

Seringkali kita semangat menentukan goal kita hari ini, lalu beberapa hari atau minggu kemudian kita lupa ttg goal tsb.

Ini sebabnya anda perlu secara konsisten mengingatkan kepada diri sendiri apa goal anda.

Tulislah secara jelas dan besar di whiteboard atau papan tulis yang anda bisa lihat setiap hari.

Kalau ga ada papan tulis, anda bisa tulis di kalendar meja, wallpaper komputer atau wallpaper hp anda. Yang penting adalah anda bisa dengan mudah melihatnya setiap hari.

Inii untuk mengingatkan kepada anda secara konsisten apa goal anda yang sebenarnya, sehingga anda tidak kehilangan Fokus. :wink:

5. Inspirasi dan motivasi diri anda sendiri

Satu cara yang efektif untuk meng-inspirasi dan memotivasi diri anda sendiri terhadap goal anda adalah dengan mencari tahu siapa saja yang telah sukses di bidang anda, dan lihat, dengar, dan rasakan kesuksesan mereka.

Berapa penghasilan mereka setiap bulan? Dengan penghasilan seperti ini, apa saja yang bisa atau telah mereka lakukan untuk keluarganya maupun untuk dirinya sendiri. Apa gaya hidup mereka setelah mempunyai penghasilan seperti ini?

Ketika anda mengalami frustrasi dan kegagalan sementara, ingat kembali orang-orang tsb dan bayangkan betapa indahnya apabila anda seperti mereka. Dengan demikian, anda bisa semangat kembali mengejar impian/goal anda :D

6. Hilangkan semua gangguan ketika anda lagi sedang Fokus

Ketika anda lagi mau Fokus mengerjakan sesuatu, sebaiknya anda mehilangkan semua gangguan.

Maksudnya mehilangkan semua gangguan adalah seperti mematikan Yahoo Messenger, MSN, atau Skye anda (kecuali anda memang menggunakannya untuk bekerja), Friendster, Facebook, Outlook anda, TV, dan HP anda.

Pokonya segala sesuatu yang bisa mengganggu efektivitas anda bekerja, sebaiknya anda hilangkan!

Setelah anda selesai mengerjakan tugas untuk hari itu, barulah cek email anda, lihat Friendster TTM anda, chatting dengan pacar anda, dst.

FYI, saya sendiri pun cek email cuma 2 kali dalam sehari. Kalau setiap 10 menit saya cek email, pekerjaan saya tidak akan pernah selesai! hehehe :lol:

0 komentar:

Poskan Komentar