Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Gelang Merah Untuk Anak Indonesia

Besar Nilai Tabungan dan Deposito

>Pertanyaan:
Saya mau minta pendapat teman-teman semua. Saya punya sejumlah uang sekitar 40 Jt yang ingin saya investasikan.. Tapi sebelum itu saya mau sisihkan untuk Deposito dan Tabungan sebelum sisanya mulai saya investasikan.. Yang mau saya tanyakan berapa jumlah yang sebaiknya saya tabung dan berapa yang saya masukan deposito sehingga sisanya saya masukan dalam Investasi.. Terima Kasih atas jawabannya.

Tuhan memberkati Smuanya

Dikirim Oleh: Yunius Sudarmadi

Jawaban:
Halo rekan Yunius,

Tentukan dahulu tujuan investasi Anda a.l.:
1. Berapa lama waktu investasi Anda?
2. Untuk apa dana investasi tsb? Uang pensiun, uang sekolah atau apa?
3. Bagaimana profile risiko Anda? Apakah Anda berani menanggung risiko atau mau yang adem ayem? (High Risk High Gain)

Saat ini saya tidak menyarankan uang Anda taruh di Tabungan atau Deposito. Mengapa?
Uang Anda akan menurun nilainya dan termakan inflasi, jadi Anda akan semakin miskin dengan sendirinya.

Jadi carilah cara atau alat investasi yang dapat mengalahkan inflasi. Untuk dana sebesar Rp.40 juta, Anda bisa masuk ke Emas, Reksa Dana, atau Saham (syaratnya Anda tahu bermain). Kalau boleh saya usul anda lihat dulu apakah anda sudah punya dana darurat. Kalau belum sisihkan untuk dana darurat dulu baru sisanya anda investasikan.

Pakemnya dana darurat biasanya sih pada umumnya:
- Jika anda single maka dana daruratnya berkisar antara 3-4 bln gaji anda.
- Jika anda sudah menikah dan belum pny anak berkisar antara 5-6 bln gaji.
- Jika anda sudah menikah dan pny anak berkisar antara 10-12 bln gaji.

Buat apa? Seandainya anda kehilangan pekerjaan anda masih pny dana untuk bertahan sambil mencari pekerjaan lain. Setelah itu proteksi diri anda dan keluarga dengan asuransi (kalau belum ada). Soalnya terlalu banyak hal2 yg tidak terduga yg bisa mencegah anda mencapai tujuan finansial anda. Sisanya baru anda investasikan.

Ada sebagian dana yang dapat kita investasikan, sebagian dana kita sedekahkan, sebagian lagi digunakan sebagai dana cadangan yang likuid. Artinya dari sebesar Rp40 juta tersebut, Bapak dapat mengatur sendiri untuk tiga keperluan tersebut dengan komposisi yang dapat bapak akomodasi.

Dana cadangan yang likuid paling tidak mengcover biaya kebutuhan tunai selama 3 bulan. dapat disimpan dalam bentuk tabungan, deposito, atau emas karena harus mudah dicairkan sewaktu-waktu diperlukan.

Dana investasi adalah sejumlah dana yang dapat bapak ikhlaskan untuk hilang, karena sifat investasi selalu berisiko, dapat untung maupun rugi. Investasi dapat bapak tempatkan dalam instrumen perdagangan ritel, saham, obligasi, pasar uang, reksadana, atau emas yang sifatnya untuk jangka panjang.


Ada pertanyaan? Tim Konsultan Finansial MEDIA KITA akan menjawabnya. Silahkan kirim pertanyaan Anda ke idolazay[at]gmail.com dengan subject "Tanya MDF"

0 komentar:

Posting Komentar



 

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent