Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Bisnis dimulai dari Cita-cita, bukan modal

> Kecil adalah modal untuk menjadi besar.
Kalah adalah modal untuk menjadi menang.
Gagal adalah modal untuk menjadi sukses.

Seringkali orang tidak percaya bahwa bisnis bisa dimulai tanpa harus mengeluarkan modal dalam bentuk uang tunai. Sangat banyak bukti bawha seorang yang tidak punya uang bisa memulai usaha. Anang Sam adalah pemilik kursus privat bahasa Inggris yang sudah memiliki 11 guru privat (Oktober 2005) yang tersebar di Jabotabek. Nama lembaganya Anang Sam English.

Semula, Anang pemuda lulusan SMU asal Jawa Timur, datang ke Jakarta untuk mencari penghasilan. Ia bekerja sebagai pelayan toko di pasar pagi, lalu menjual telur asin ke warung-warung. Ia memulai usahanya dari modal Rp 70.000 dan usahanya terus berkembang.

Ini adalah kisah nyata. Jadi dapat disimpulkan bahwa usaha bisa dimulai dari nol. Nol di sini bisa benar-benar tidak mengeluarkan uang, bisa juga mengeluarkan uang yang sangat sedikit. Dalam kisah Anang, uang Rp 70.000 bolehlah disebut nol karena nilainya sangat kecil.

Banyak orang ingin memulai usaha dan membatalkan niatnya karena tidak memiliki modal. Sementara banyak orang yang memiliki uang, belum tahu bagaimana supaya bisa mempunyai sebuah usaha yang menghasilkan. Jika keduanya bertemu, masalah itu selesai.

Kewirausahaan ditandai dengan kemampuan seseorang untuk terus melangkah dengan modal seadanya. Wirausahawan bisa menggali modal dari pihak lain secara langsung maupun tidak langsung. Jiwa kewirausahaan adalah jiwa yang mampu menciptakan nilai tambah dari keterbatasan. Hakekatnya modal tidak harus dalam bentuk uang. Otak anda yang kreatif adalah modal utama untuk memulai usaha. Jaringan persahabatan (network) juga termasuk modal. Bodoh adalah modal untuk bisa pandai, miskin adalah modal untuk menjadi kaya. Tak punya modal adalah modal untuk mendapatkan modal.

(artikel disarikan dari buku "Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL, Bambang Suharno)

0 komentar:

Poskan Komentar