Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

APAKAH REKSADANA MANULIFE AMAN?

>
Oleh: Mike Rini

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Umur saya 26 tahun, saya mempunyai uang sebanyak 250 juta rupiah. 25 juta saya investasikan di reksadana pendapatan tetap di manulife, sisanya ada yang didepisito dan di tabungan BTN Batara Prima. Selama ini saya menggunakan bunga deposito dan gaji suami (PNS dengan gaji 900 ribu) saja untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Mengingat kebutuhan semakin meningkat (gaji suster, rencana menambah keturunan, dll), investasi apa yang harus saya lakukan untuk dapat menambah pendapatan? Dan saya sendiri masih melanjutkan kuliah (S2) dan belum bekerja, selama ini kami mendapat tambahan dari orang tua dan mertua.

Pertanyaan selanjutnya, apakah reksadana manulife aman? Apakah benar batara prima lbh menguntungkan daripada deposito? Kalau pilihan reksadana yg baik dan aman sebaiknya di perusahaan mana? Terima kasih.

Terima kasih.

Andi Yulia

Jawaban:

Halo Andy Yulia,

Jika penghasilan keluarga satu-satunya berasal dari gaji suami, maka jika hanya mengandalkan gaji PNS sebesar Rp 900 ribu milik suami memang tidak cukup untuk membayar pengeluaran keluarga yang semakin meningkat. Pengeluaran keluarga memang selalu meningkat karena harga barang dan jasa selalu naik, tidak heran gaji suster, transport ke kantor, susu anak dan lain-lain bertambah besar. Apalagi banyak rencana-rencana keuangan dimasa depan yang ingin diwujudkan, misalnya rencana memiliki anak lagi. Khusus memiliki anak ini tentunya bukan cuma biaya kelahiran dan biaya hidupnya saja yang harus dipikirkan , bahkan terutama biaya pendidikannya nanti. Saat ini saja untuk membayar uang pangkal TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi sudah begitu mahal. Nah, Anda bisa bayangkan sendiri betapa sangat berisiko bagi keluarga Anda jika hanya mengandalkan penghasilan dari suami saja. Beruntung sekali orang tua dan mertua Anda bisa membantu keuangan keluarga Anda, namun bantuan tersebut kemungkinan tidak selalu bisa diharapkan. Sekian memang Anda diharapkan untuk mandiri tentunya akan jauh lebih menyenangkan jika Anda berdua bisa memenuhi segala sesuatunya sendiri

Adapun saat ini Anda sudah mempunyai simpanan tunai 250 juta, dimana 25 juta diinvestasikan di reksadana pendapatbank BTN Batara Prima. Selama ini bunga deposito diambil untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Namun menurut Anda inipun tidak cukup, sebab pengeluaran semakin meningkat sedangkan bunga deposito kecil. Kesimpulannya mengandalkan gaji dan hasil investasi saja tidak cukup.

Saran saya agar Anda berdua tidak menunda-nunda,lebih fokus dan mencurahkan perhatian lebih besar terhadap usaha-usaha untuk mendapatkan penghasilan. Dalam waktu luang Anda berdua , ajaklah suami Anda berdiskusi untuk memikirkan cara-cara yang disetujui Anda berdua untk meningkatkan penghasilan keluarga. Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan antara lain:

  1. Bekerja: Menjadi karyawan, bekerja partime.

  2. Menjual Keahlian: Jika Anda mempunyai suatu keterampilan tertentu yang dibutuhkan orang, maka Anda bisa membuka usaha yang menawarkan keterampilan tersebut. Atas hasil karya Anda baik berupa barang maupun jasa maka orang membayarnya.

  3. Membuka Bisnis: Anda bisa menggunakan deposito untuk berbinis. Hasil usaha dari bisnis itulah yang menjadi penghasilan tambahan.

  4. Investasi: Jika selama ini sudah berinvestasi ke deposito, dan reksadana mungkin bisa mempelajari produk investasi lain yang memberikan return investasi lebih tinggi. Namun perhatikan juga risikonya.
Pertanyaan selanjutnya, apakah reksadana manulife aman? Secara umum semua produk investasi pasti mempunyai risiko. Bahkan produk simpanan di bank yang di jamin pemerintah pun juga mempunyai risiko, bahwa banknya bisa saja dilikuidasi. Lagipula jaminan pemerintah saat ini hanya berlaku untuk dana dibawah Rp 100 juta saja bukan ? Demikian halnya dengan Reksa Dana dari perusahaan manager investasi manapun juga mempunyai risiko sebagai produk investasi. Tinggal Anda yang memahami apa saja risiko dari reksa dana dari jenis yang Anda pilih.

Apakah benar batara prima lbh menguntungkan drpd deposito? Tabungan BataraPrima adalah salah satu produk tabungan dari bank BTN, yang mempunyai kelebihan dari pada tabunagn lain atau di deposito pada bank BTN. Salah satu kelebihannya adalah jika nasabah tidak menarik dananya atau saldonya mengendap di Batara Prima selama 2 bulan, maka nasabah akan mendapatkan bonus, bunganya juga utk sejumlah saldo tertentu lebih besar daripada tabungan biasa. Nah, jika dibandingkan dengan deposito yang tidak bisa ditarik setiap saat, maka Batara Prima memang lebih fleksibel. Sebab bisa ditarik setia saat namun mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari tabungan bahkan menyaingi deposito. Namun untuk mendapatkan bunga tinggi di Batara Prima, saldonya memang harus mengendap cukup lama.

Kalau pilihan reksadana yg baik dan aman sebaiknya di perusahaan mana? Reksa Dana yang baik dan aman tentunya sangat tergantung dari siapa pengelolanya atau siapa manager investasinya mulai dari reputasi, pengalaman sampai kebijakan investasinya dalam mengatur portfolio investasi. Selain itu juga kinerjanya yang bisa diukur dari peningkatan nilai Nilai Aktiva Bersih (NAB). Nah, kesemua faktor-faktor ini bisa Anda jadikan referensi dalam memilih perusahaan manager investasi mana yang Reksa Dana-nya baik dan aman.

Selamat berinvestasi.

0 komentar:

Poskan Komentar