Selamat Datang...

MEDIA KITA hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh  dan memikat. MEDIA KITA tetap berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan akan selalu memberikan informasi yang segar, informatif, variatif dan inspiratif buat pembaca MEDIA KITA.

MEDIA KITA menerima pemasangan iklan dengan harga kompetitif keterangan lebih lanjut ke idolazay[at]gmail.com

Gelang Merah Untuk Anak Indonesia

30+ Cara Memanfaatkan Waktu di Internet, Lebih Menjadi Produktif dan Efisien

>
oleh; Clenoro Suharto

Membuang-buang waktu di web memang mudah, seperti klik-klik di youTube, membuka profil friendster atau facebook kemudian mencari di wikipedia untuk beberapa jam. Hampir semua orang pernah mengalaminya berjam-jam di depan internet, pusing, lelah, sakit mata dan tidak menghasilkan apa-apa. Tetapi ternyata sangat banyak aplikasi pintar dan berguna yang dapat kita gunakan di web untuk mempermudah dalam segala hal. Berikut review layanan-layanan terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengontrol apa yang anda lakukan di internet agar lebih efektif dan produktif.

Layanan Prosesing Kata (Aplikasi Word Document berbasis Web)
Anda mungkin pernah mengalami mengetik dokumen untuk artikel website atau keperluan berbasis online seperti tugas kuliah dan sebagainya, jika anda harus membuka aplikasi terlebih dahulu seperti Microsoft Office kemudian mencari informasi di web, sambil menulis kemudian menyimpan dan menguploadnya tentu tidak efektif. Dengan beberapa aplikasi web pintar ini, anda dapat melakukannya sekali jalan, menghemat waktu, tidak memusingkan, cepat dan efisien. Selain itu, anda dapat mengatur dan menulis dokumen tanpa harus download terlebih dahulu, cara seperti ini sangat efisien untuk berkolaborasi atau menggunakan banyak komputer seperti jaringan kantor.

Google Docs
http://docs.google.com
Dengan google docs ini anda dapat mudah membuat dan sharing dokumen seperti menggunakan Microsoft Word versi online karena mudah.

Zoho Writer
http://writer.zoho.com
Aplikasi dokumen online ini merupakan kompetitor serius untuk Google Docs, ada banyak pilihan yang lebih baik dibandingkan Google Docs disini.

ThinkFree
http://www.thinkfree.com/common/main.tfo
Jika anda kurang paham dengan aplikasi-aplikasi diatas dan hanya ingin aplikasi yang mudah seperti mengoperasikan Microsoft Office, situs ini yang paling cocok.

BuzzWord
http://preview.getbuzzword.com
Layanan yang baru saja saya temukan ini masih dalam kondisi beta. Situs ini memiliki banyak fitur dan interface yang bagus.

Portal Web
Anda tentunya ingin sekali mendapatkan segala informasi yang anda inginkan dengan segera ketika anda menyalakan komputer dan membuka browser. Anda bisa melakukannya dengan efisien dan cepat melalui menggunakan salah satu dari layanan ini dengan cara meletakkan website-website yang sering anda kunjungi, search engine, situs-situs video untuk anda tonton, jam, kalender, notes, jadwal yang perlu anda kerjakan, dokumen, radio online, dll.

NetVibes
http://www.netvibes.com
Situs startpage independen ini merupakan yang pertama sukses di internet, banyak sekali orang menggunakan Netvibes ini untuk menjadikannya halaman pertama browser.

PageFlakes
http://www.pageflakes.com
Pageflakes ini bisa dikatakan sebagai saudara tiri NetVibes karena keduanya memiliki kesamaan-kesamaan penawaran untuk kustomisasi dan isi.

iGoogle
http://www.google.com/ig
Jika anda memiliki Google Account atau Gmail dan banyak sekali yang menggunakan Google Search sebagai halaman utama , maka iGoogle ini merupakan startpage yang tepat buat keperluan anda.

My Yahoo
http://my.yahoo.com
Buat anda pengguna search engine Yahoo, Yahoo! Mail atau layanan Yahoo! lainnya, anda bisa menggunakan layanan yang memiliki konsep sama seperti iGoogle ini dengan kelebihan lebih banyak bisa dikustomisasi.

Layanan Kalender
Anda mungkin mempunyai banyak event dalam setahun, seperti peringatan hari jadi dengan kekasih anda, hari ulang tahun orang tua dan teman-teman anda, deadline tugas yang harus dikumpulkan, acara televisi yang tidak ingin anda lewatkan, mencari tugas atau titipan download lagu hingga periksa rutin ke dokter gigi. Menuliskan semua hal ini di kalender tembok anda tentu kadang malah jarang anda ingat dengan baik. Berikut layanan kalender online yang bisa anda manfaatkan.

Google Calendar
http://calendar.google.com
Secara pribadi, saya menggunakan layanan kalender dari google ini karena terintegrasi dengan akun gmail saya, layanan ini simpel dan keren.

Yahoo! Calendar
http://calendar.yahoo.com
Layanan dari yahoo! ini cukup basic, sehingga buat anda yang tidak terbiasa menulis jadwal, anda akan dimudahkan oleh layanan ini.

30 Boxes
http://30boxes.com
Interface layanan ini sangat bagus, cocok buat anda yang suka dimanjakan oleh grafis-grafis keren. Selain itu, mudah dinavigasi sehingga layanan ini menjadi kompetitor yang paling kuat untuk google dan yahoo.

Kiko
http://www.kiko.com
Layanan aplikasi kalender ini berbeda dengan lainnya karena memiliki interface drag&drop, sehingga anda tidak perlu repot-repot meletakkan pengingat jadwal.

Layanan Manajemen Informasi Teman, Kerabat dan Relasi/Contact Person
Banyak orang menggunakan aplikasi telepon seluler dan program e-mail menjadi sumber utama untuk menjaga informasi kontak anda. Tetapi, anda mungkin tidak pernah berpikir, bagaimana jika HandPhone anda hilang, akun e-mail anda terkena hack spam e-mail-email yang menyebalkan hingga tidak bisa dibuka lagi atau anda kehilangan seluruh data di komputer anda karena berbagai macam masalah seperti virus dll. Anda mungkin bisa sangat stress. Sekarang ada layanan manajemen online yang bisa anda manfaatkan dengan gratis dan jangan takut anda kehilangan informasi penting tersebut, karena terjamin keamanannya.

Plaxo
http://www.plaxo.com
Situs ini memiliki layanan terbaik untuk mengatur informasi kontak anda, dan paling banyak dipakai oleh orang-orang di seluruh dunia. Layanan ini juga memiliki integrasi akun plaxo anda dengan layanan web lain seperti e-mail atau mobile web, sehingga anda bisa mengaksesnya langsung dari telepon selular anda, tentunya dengan ijin anda, sehingga hanya anda atau orang yang anda beri ijin yang bisa melihat informasi ini.

Tabber
http://tabber.org
Tabber ini pertama dibuat untuk menghubungkan bersama teman-teman anda dari banyak situs dan layanan sosial, tetapi kemudian tabber ini berfungsi sangat baik sebagai aplikasi manajemen buku alamat dan kontak.

Highrise
http://www.highrisehq.com
Pilihan premium untuk mengatur kontak bisnis ini merupakan solusi yang tepat jika anda serius menjaga kontak ratusan relasi-relasi anda. Layanan ini merupakan solusi efisien yang lebih dari sekedar harga yang dapat memenuhi kebutuhan anda.

News Readers/Koran Online
Kenapa harus membeli koran harian jika anda bisa mendapatkan segala informasi melalui internet. Tentu akan menghabiskan waktu jika anda harus membolak-balik koran atau browsing ke berbagai situs koran untuk mencari berita yang anda cari. News Reader di bawah ini akan membantu anda untuk tetap mendapatkan berita paling aktual dengan hanya browser dan koneksi saja, hampir semua berita aktual di seluruh dunia termasuk Indonesia bisa anda temukan disini, jadi anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk me-load berbagai situs berita.

Google reader
http://www.google.com/reader
Jika anda menginginkan news reader yang sederhana, mudah dibaca dan langsung tertuju pada obyek yang anda ingin baca, Google Reader ini pas banget jika anda juga punya akun Gmail atau akun Google yang lainnya.

Bloglines
http://www.bloglines.com
Situs ini merupakan kompetitor yang paling kuat untuk Google Reader yang juga menawarkan layanan yang hampir sama, dengan kelebihannya yaitu mengambil berita-berita aktual dari blog juga dengan bahasa yang sesuai selera anda.

Layanan komunikasi

Semua orang hampir pernah memanfaatkan layanan komunikasi lewat internet apakah itu chatting, komunikasi face-to-face dengan media webcam, menggunakan instant messenger atau mengirim dan menerima email. Layanan di bawah ini merupakan layanan terbaik di bidang media komunikasi berbasis web, tanpa penggunaan instalasi ke komputer anda terlebih dahulu, sehingga anda lebih efisien dalam berkomunikasi.

Stickam
http://www.stickam.com
Jika percakapan lewat video menjadi kebutuhan komunikasi online anda, maka Stickam ini memberikan anda fitur untuk berkomunikasi melalui web face-to-face dengan teman-teman anda, relasi kerja anda atau siapapun secara acak yang anda sukai.

Meebo
http://www.meebo.com
Jika anda memilih untuk berkomunikasi dengan teman-teman atau rekan-rekan anda melalui chatting, maka Meebo ini merupakan situs yang tepat untuk anda karena anda tidak perlu lagi menginstal berbagai macam instant messenger untuk keperluan anda. Anda dapat chatting gratis di Yahoo! Messenger, GTalk, MSN Messenger, AIM, AOL, dan Jabber tanpa instalasi masing-masing messenger tersebut.

Gmail
http://gmail.com
Rajanya e-mail, mungkin itu adalah sebutan yang tepat untuk Gmail karena kemampuannya untuk menangani jumlah e-mail yang sangat besar dan juga banyaknya fitur-fitur lainnya.

Layanan MindMapping, Diagram dan Chart

Pernah merasa pusing, begitu suntuk karena otak anda penuh sesak dengan ide-ide yang susah anda ungkapkan, karena anda tidak memiliki media yang praktis sehingga anda malas mengungkapkannya dan kemudian ide-ide berharga tersebut hilang. Anda mungkin menyesal karena hal itu berarti anda membuang kesempatan lebih baik di depan anda. Hampir setiap orang pernah merasakannya. Layanan ini merupakan aplikasi yang dapat membantu anda untuk mengatur ide-ide anda, disamping itu anda dapat meletakkan ide-ide anda di chart atau diagram yang banyak dikenal sebagai "mind-map" atau arti harfiahnya adalah peta otak untuk merencanakan proyek-proyek masa depan anda, skripsi, tugas-tugas individu bebas, rencana-rencana gila atau apapun yang ada di otak anda.

Flowchart
http://www.flowchart.com
Judul dari situs ini cukup menjelaskan apa fungsinya. Flowchart ini dapat membantu anda untuk membuat chart dan diagram dengan interface drag 'n drop sebagai mind-mapping anda atau alat presentasi.

MindMeister
http://www.mindmeister.com
Situs ini memiliki versi gratis dan premium, dengan fokus kolaborasi pada kemudahan lingkungan "mind-mapping" sehingga anda bisa begitu interaktif dengan situs ini untuk mengeluarkan ide-ide pemikiran anda.

Mind42
http://mind42.com
Aplikasi gratis ini merupakan aplikasi web "mind mapping" yang dapat membantu anda untuk berkolaborasi dengan rekan atau teman anda dalam menyusun proyek, atau anda bisa gunakan secara personal untuk anda sendiri.

Gliffy
http://www.gliffy.com
Seperti pilihan-pilihan teknis dan mendetail di atas, situs ini memiliki kemampuan yang sama, tetapi dengan lebih banyak pilihan dan fitur.

Layanan Peta
Jika anda ingin mencari tempat dan jalan kemana anda akan pergi, bagaimana anda dapat sampai kesana, tempat-tempat yang ingin anda kunjungi atau anda ingin mengetahui dimana tempat teman dan sanak saudara anda, maka layanan di bawah ini dapat membantu mengurangi waktu anda agar tidak terbuang sia-sia untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Google Maps
http://maps.google.com
Tidak hanya menjadi situs penyedia jasa peta terbaik dan terlengkap, tetapi situs ini juga menyediakan data-data penting jalan tentang perjalanan, juga kepadatan, tempat-tempat istirahat, pom bensin, kendaraan umum dan lain sebagainya.

Yahoo Maps
http://maps.yahoo.com
Seperti halnya google maps, salah satu penyedia layanan aplikasi web terbesar di dunia ini juga gila-gilaan dalam mengembangkan layanan peta-nya.

Mapquest
http://www.mapquest.com
Layanan terpercaya ini dapat membantu anda untuk mendapatkan informasi daerah yang bisa anda lalui hanya dengan meletakkan titik A dan B, termasuk diantaranya informasi penerbangan dan pelayaran jika terdapat jalur yang harus dilalui dengan pesawat atau kapal laut.

0 komentar:

Posting Komentar



 

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent